Mana yang Benar, Plakat atau Vandel?

21 Feb 2024

BEKASI – Plakat dan vandel adalah dua hal yang berbeda. Banyak yang menganggapnya sama, karena keduanya merupakan cendera mata atau tanda kenangan yang sering diberikan dalam acara khusus. Selain itu, plakat dan vandel juga sering dianggap sama karena penyebutan istilahnya yang berbeda di berbagai daerah. Ada yang menyebut plakat itu vandel, namun ada juga yang menganggap plakat dan vandel berbeda. Apa itu plakat?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), plakat adalah surat pengumuman berupa gambar atau tulisan yang sering ditempel di dinding, tembok, serta tempat umum, sebagai upaya perluasan penyebaran informasi. Dalam konteks cendera mata, plakat merupakan benda yang sering diberikan kepada orang lain sebagai bentuk kenang-kenangan. Ada banyak jenis plakat berdasarkan bahan pembuatannya. Beberapa jenis plakat antara lain plakat akrilik, plakat kayu, plakat fiber, dan plakat resin.

Apa itu vandel? Mengutip KBBI, vandel adalah semacam bendera, kadang bagian tepinya ada yang berumbai-rumbai, diberi tali untuk digantungkan, isinya memuat gambar dan tulisan, sering diberikan sebagai tanda kenangan waktu ulang tahun, perkumpulan, dan lainnya.

Dalam jurnal Bendera Macan Ali koleksi Museum Tekstil Jakarta (2016) karya Tawalinuddin Haris, vandel sering digunakan sebagai lambang atau simbol dari lembaga, partai politik, dan organisasi masyarakat. Melansir dari jurnal Pemanfaatan Museum sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah (2018) karya Maulana Yusuf, dkk, dalam acara atau peristiwa penting, vandel sering difungsikan sebagai bendera organisasi, yang kemudian diberikan sebagai kenang-kenangan.

Mana yang benar, plakat atau vandel? Plakat dan vandel punya fungsi utama, yakni sebagai cendera mata atau tanda kenangan yang diberikan dalam acara khusus.

Contohnya plakat penghargaan, plakat wisuda, plakat ucapan terima kasih, plakat ucapan pernikahan, plakat ucapan ulang tahun, plakat kejuaraan lomba, dan masih banyak lagi. Baca juga: Ragam Karya Seni Rupa setiap Daerah di Indonesia

Antara plakat dan vandel, sebenarnya tidak ada yang salah. Namun, keduanya punya makna yang berbeda. Jika konteksnya ialah tanda kenangan yang memuat informasi, seperti nama acara, nama penerima, dan lain-lain, penggunaan istilah plakat lebih sesuai dibanding vandel. Karena vandel berarti bendera dengan rumbai di bagian tepinya.

Sebagai tanda kenangan, vandel juga bisa digunakan karena fungsi utamanya memang sebagai cendera mata. Walau begitu, istilah plakat lebih sesuai. Bukan hanya dari segi arti atau makna katanya yang lebih tepat, namun dari isinya juga. Vandel berisikan lambang organisasi, partai politik, atau lembaga. Sedangkan plakat memuat informasi, seperti nama acara, nama penerima plakat, dan lain sebagainya.

(sumber : https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/04/160000269/mana-yang-benar-plakat-atau-vandel)
Rate this post