Apa itu Signage? Inilah Fungsi dan Jenisnya

10 Jun 2024

Pernahkah Anda menyadari betapa banyak “pengumuman” yang Anda lihat setiap harinya? Mulai dari spanduk promosi di pinggir jalan, papan nama toko yang mencolok, hingga petunjuk kecil di lorong supermarket, semua itu bisa disebut dengan Signage.

Signage, atau papan tanda, mungkin terlihat sederhana, namun fungsinya dalam dunia periklanan sungguh luar biasa. Tanpa disadari, kehadiran signage secara diam-diam memengaruhi keputusan belanja kita, membantu kita bernavigasi di tempat asing, dan bahkan membangun citra merek tertentu.

Jadi, Apa itu Signage?

Secara umum, Signage adalah berbagai jenis tanda atau papan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, memberikan petunjuk arah, mengidentifikasi suatu tempat, atau mempromosikan suatu produk atau layanan. Signage dapat berupa teks, gambar, simbol, atau kombinasi dari ketiganya.

Dalam dunia advertising, signage tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk lokasi bisnis, tetapi juga sebagai alat pemasaran yang ampuh.

Bayangkan Anda sedang berjalan-jalan di mal. Di antara kerumunan orang dan gemerlap lampu toko, apa yang menarik perhatian Anda? Bisa jadi itu logo brand familiar yang terpampang pada signage toko tersebut, atau mungkin diskon besar yang diiklankan dengan spanduk mencolok.

Itulah kekuatan signage – kemampuannya untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan secara cepat dan tepat sasaran.

Jenis-Jenis Signage yang Sering Digunakan

Dunia signage dalam advertising menawarkan berbagai macam pilihan, sesuaikan dengan kebutuhan dan target audience Anda. Berikut ini beberapa jenis signage yang populer:

  • Papan Nama Toko
    Ini adalah signage dasar yang wajib dimiliki setiap bisnis. Fungsinya untuk menunjukkan identitas dan lokasi bisnis Anda kepada calon pelanggan.

  • Spanduk
    Spanduk yang besar dan berwarna-warni sering digunakan untuk mempromosikan produk baru, event tertentu, atau diskon besar. Spanduk efektif untuk menarik perhatian orang yang lewat.

  • Pylon Sign
    Signage berdiri tegak dengan ukuran besar ini biasanya digunakan oleh brand-brand besar untuk meningkatkan visibilitas mereka. Pylon sign sering ditemui di pinggir jalan raya atau area parkir.

  • Signage Digital
    Signage digital menggunakan layar elektronik untuk menampilkan pesan yang dinamis. Keunggulannya adalah kemampuan untuk menampilkan berbagai konten secara bergantian, sehingga lebih menarik perhatian.

  • Signage Elektronik
    Signage elektronik seperti neon box atau lampu LED dapat membuat signage Anda terlihat lebih mencolok, terutama pada malam hari.

  • Signage Indoor
    Signage ini digunakan di dalam ruangan untuk berbagai keperluan, seperti petunjuk arah, promosi produk tertentu, atau menampilkan informasi penting.

Fungsi Penting Signage Dalam Advertising

Signage dalam advertising memiliki beragam fungsi, di antaranya:

  • Membangun Brand Awareness
    Signage yang dirancang dengan baik, menampilkan logo dan warna brand yang konsisten, dapat meningkatkan brand awareness. Semakin sering konsumen melihat logo dan identitas visual brand Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan mengingat dan mempercayai brand tersebut.

  • Meningkatkan Penjualan
    Signage dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan terbaru, menampilkan diskon menarik, atau menawarkan penawaran khusus. Dengan visual yang menarik dan pesan yang jelas, signage dapat mendorong konsumen untuk mengambil keputusan pembelian.

  • Mempermudah Navigasi
    Di tempat umum seperti bandara, rumah sakit, atau pusat perbelanjaan, signage berperan penting dalam membantu pengunjung bernavigasi. Petunjuk arah yang jelas dan mudah dipahami akan membuat pengunjung merasa nyaman dan tidak tersesat.

  • Mencetakan Citra Positif
    Signage yang bersih, terawat, dan dirancang dengan baik dapat menciptakan citra positif tentang brand Anda. Sebaliknya, signage yang kusam dan terlihat tidak profesional bisa menimbulkan kesan negatif dan menurunkan kepercayaan konsumen.

Faktor Penting dalam Membuat Signage yang Efektif

Ingin signage Anda efektif dalam menarik perhatian dan menyampaikan pesan? Perhatikan beberapa faktor penting berikut ini:

  • Desain
    Signage yang menarik secara visual akan lebih mudah dilihat dan diingat. Gunakan warna, font, dan gambar yang sesuai dengan brand Anda dan target audience.

  • Pesan
    Sampaikan pesan yang singkat, jelas, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan terlalu banyak teks yang justru membuat orang malas membaca.

  • Penempatan
    Pilih lokasi yang strategis untuk memasang signage Anda. Pastikan signage tersebut mudah dilihat oleh target audience yang Anda inginkan.

  • Material
    Gunakan material signage yang berkualitas dan tahan lama. Signage yang cepat rusak akan memberikan kesan negatif terhadap brand Anda.

Material Signage

Signage dapat dibuat dari berbagai macam bahan, seperti kayu, logam, plastik, atau kain. Desain signage juga sangat beragam, mulai dari yang sederhana hingga yang sangat kompleks dan artistik. Tujuan utama dari signage adalah untuk menyampaikan pesan secara efektif kepada target audiens.

Kesimpulan

Signage bukanlah sekedar papan nama biasa. Signage adalah alat pemasaran yang ampuh, jembatan komunikasi visual yang efektif antara brand dan konsumen. Dengan memahami fungsi, jenis, dan tren signage modern, Anda dapat memanfaatkan signage secara optimal untuk meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan baru, dan pada akhirnya, meraih kesuksesan bisnis.

Jadi, tunggu apalagi? Mulai rancang signage yang kreatif dan efektif untuk bisnis Anda, hubungi kami sekarang juga!

5/5 - (5 votes)